Senin, 10 November 2014

0 Memaknai Pahlawan

pahlawan..., tentu tiap kita akan teringat kembali kata itu ketika tanggal 10 November. terlebih jika kita masih pelajar dan para aktivis media sosial.
Pada saat itu juga beramai-ramai khalayak akan memperingatinya dalam berbagai bentuknya. ada yang upacara bendera, ada yang menulis artikel panjang atau twit berseri-seri hingga sekedar ucapan selamat hari pahlawan. adalah suatu hal yang lumrah bahwa kita senantiasa mengenang dan menghargai para pahlawan. kita berterimakasih atas perjuangannnya membebaskan bangsa dari penjajahan. tapi kita juga mesti ingat, perjuangan pahlawan bukan hanya ada sesaat pada masanya. jika mereka hanya berjuang untuk generasi dan masanya, tentu selesai sudah segala sesuatunya.

Tapi kita meyakini, dalam gerak perjuangan para pahlawan ada mimpi besar tentang anak negeri dan kebesaran bangsa. bahwa apa yang diperjuangkan saat itu adalah satu fase. Dan mimpi itu adalah kerja antar generasi. mereka tidak terpikir untuk disebut pahlawan pada saat itu, hanyalah keyakinan untuk beramal atas sebuah kerja besar jangka panjang.

Maka saat ini semua mimpi yang belum selesai itu butuh untuk dilanjutkan. dengan perjuangan dan pengorbanan yang tak kalah besar. bukan untuk menjadi pahlawan, tapi menyambung estafet amal yang tak akan terputus. jikalau kerja itu layak disandingkan dengan pengorbanan dan capaian pahlawan, biarlah generasi berikutnya yang menilai. yaitu saat Allah telah mencukupkan waktu amal kita di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

"serunai hijau," Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates