Sabtu, 28 Desember 2013

0 Putar Arah

Kenalkah dengan lagu moon shadow atau morning has broken atau father and soon. Lagu yang populer awal tahun 70-an yang dibawakan oleh stevens adam atau lebih kita kenal sebagi cat stevens. Lagu-lagu tersebut tersebut merupakan hits yang terjual laris hingga jutaan copy, menjadikan pelantunnya cat stevens menjadi artis pujaan di barat. Namun pada titik ketenarannya itulah gejolak jiwa yang dahsyat membuat seorang cat stevens, menjalani pengembaraan spriritual dan pencarian kebermaknaan hidup, yang digambarkan dalam kisah pengakuannya berikut, 



“Ketika aku berada di puncak ketenaran, aku melihat ke bawah. Aku takut jatuh! Aku dihantui kegelisahan. Akhirnya, aku mulai minum minuman keras satu botol setiap hari, supaya memotivasi keberanianku untuk menyanyi. Aku merasa orang-orang di sekelilingku berpura-pura puas. Padahal, dari wajah mereka, tak seorang pun tampak puas, kepuasan yang sesungguhnya. Semuanya harus munafik, bahkan dalam jual beli dan mencari sesuap nasi, bahkan dalam hidup! Aku merasa, ini adalah sesat. Dari sini, aku mulai membenci kehidupanku sendiri. Aku menghindar dari orang banyak. Aku lalu jatuh sakit. Aku kemudian diopname di rumah sakit karena sakit paru-paru. Ketika di rumah sakit kondisiku lebih baik karena mengajakku berpikir...” 

Dalam kondisi tekanan jiwa yang begitu berat tersebut, seorang cat stevens mencoba melakukan pencarian kebenaran keimanan dan kemantapannya dalam menjalani hidup dalam bimbingan agama. Ia pelajari berbagai jenis kepercayaan dan ajaran agama untuk dapat memberikan jawaban tentang hakikat hidup dan kebahagiaan. Hinggga itu semua mempengaruhi corak lagu yang ia cipta dan nyanyikan. Sampai akhirnya ia bertemu dengan islam, 

“Pada tahun 1975 terjadi suatu yang luar biasa, yakni ketika saudara kandungku tertua (david) memberiku sebuah hadiah berupa satu mushaf Alquran dari sebuah pameran di london. Walau Kakak bukan seorang Muslim, tetapi mengenal Islam di Jerusalem ketika pergi ke sana dan tinggal setahun. Mushaf itu masih tetap bersamaku sampai aku mengunjungi al-Quds Palestina. Setelah kunjungan tersebut, aku mulai mempelajari kitab yang dihadiahkan oleh saudaraku itu. Suatu kitab yang aku tidak mengetahui apa isi di dalamnya, juga tak mengetahui apa yang dibicarakannya. Lalu aku mencari terjemahan Alquran al-Karim setelah aku mengunjungi al-Quds. Pertama kalinya, melalui Alquran aku berpikir tentang apa itu Islam… 

Ketika aku membaca al-Qur'an aku dapati bahwa al-Qur'an mengandung jawaban atas semua persoalanku, yaitu siapa aku ini? Dari mana aku datang? Apa tujuan dari sebuah kehidupan? Aku baca al-Qur'an berulang-ulang dan aku merasa sangat kagum terhadap tujuan dakwah agama ini yang mengajak untuk menggunakan akal sehat, dorongan untuk berakhlak mulia dan akupun mulai merasakan keagungan Sang Pencipta. “Sejak pertama, aku merasa bahwa Alquran dimulai dengan Bismillah (dengan nama Allah), bukan dengan nama selain Allah. Dan ungkapan Bismillahirrahmanirrahiim begitu sangat berpengaruh dalam jiwaku. Lalu surat al-Fatihah itu berlanjut dengan Faatihatul Kitab, Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin. Segala puji milik Allah Sang Pencipta sekalian alam, dan Tuhan segenap makhluk... 

“Aku mulai membaca Alquran semuanya, sepanjang satu tahun penuh. Aku mulai menerapkan pemahaman yang aku baca dari Alquran. Saat itu aku merasa bahwa akulah satu-satunya muslim di muka bumi ini. Lalu aku berpikir bagaimana aku menjadi muslim yang sesungguhnya. Maka aku pergi ke masjid London dan aku mengumumkan keislamanku. Aku mengatakan, ‘Asyhadu anlaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah’… 


Kisah cat stevens, yang setelah masuk islam kita kenal sebagai yusuf islam, menjelaskan pada kita bagaimana melakukan perputaran arah dalam hidup. Bukan hanya soal bekerja sebagai apa atau pilihan seperti apa peran kita dalam keberagaman sosial, tapi jalan hidup yang kita pilih secara sadar dalam mengarahkan segala usaha untuk mencapai tujuan hidup. Dan dari sana mendapatkan keyakinan dan kemantapan hidup. Dari banyak kisah hidup orang-orang disekitar kita, sebenarnya kita bisa mendapati hal serupa sepertihalnya rocker gito rollis, sakti Sheila on 7, dan banyak lainnya. Dan mungkin satu waktu kita akan mendapati masa dimana mesti membuat pilihan hidup dengan melakukan putar arah. Maka pastikan hal itu mampu merubah hidup kita menjadi lebih baik dengan jalan hidup yang benar-benar kita butuhkan untuk tujuan hidup kita sendiri…selamat berputar arah, tak ada kata terlambat untuk memulai… 

0 komentar:

Posting Komentar

 

"serunai hijau," Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates